Saturday, November 22, 2008

Sydney Trip: Day 5

Jum'at, 31 Oktober 2008
Rencana hari ini mau ke Bondi Beach. It was supposed to be a half day trip, secara transportnya simple banget. Tapi akhirnya hari ini berubah jadi Bondi + Shopping Day for all of us.

We were running late. Jam 9 turun ke lobby, baru Iqbal yang siap. Pak Yus menghilang untuk mencari money changer. Akhirnya aku nginternet dulu di hotel. Sampe abis 3 dollar (30 menit). Ternyata pak Yus menemukan ANZ Bank di persimpangan Pitt St. dan Market St. Namun sekarang pak Yus belum siap berangkat ke Bondi.

Aku juga lagi butuh Australian Dollar lagi. Jadi aku bilang aku mau ke ANZ juga, terus nanti pas mereka berangkat, tinggal SMS aku saja, aku bakal nyusul ke stasiun Museum. Jadi pergilah aku ke ANZ, sekalian sambil tengak-tengok cari Krispy Kreme. Aku laper banget belum sarapan. Yang terbayang untuk mengatasi kelaparanku adalah donat. Aku gak tertarik liat donat-donat yang di minimart atau convenience store yang kulewati, kayaknya yang bisa masuk ya yang model Krispy Kreme gitu.

Di ANZ, ngambil nomor antrean money changer. Tuker duit dari US$ ke A$, kena charge A$8 untuk 1 transaksi. Abis itu aku sekalian nanya... bisa gak nukerin uang A$ jadul. Aku tuh dibawain uang Australia sisa pergi tahun 1995 itu. Uangnya jadul, lecek, dari kertas pula, bukan dari plastik kayak yang sekarang. Pas kutanyain di money changer di Jakarta, mereka bilang coba aja ditanyain ke bank di Aussie. Mas-masnya bilang bisa, tapi harus di teller, aku mesti ngambil nomor antrean baru. Jadi setelah urusan tukar uangnya selesai, aku narik nomor antrian lagi. Tapi bingung mau yang mana... abis di layanan teller gak ada tertulis bahwa mereka melayani “penukaran uang jadul”, semua layanan teller berkaitan sama rekening aja. Jadi aku ngambil antrian customer service untuk pendatang dan pelajar. Kali ini yang nerima ibu-ibu yang baik banget. Dia ngomong ke aku seolah-olah aku anak ABG yang baru aja dateng ke Aussie buat sekolah. Terus kutunjukin duit jadulku. Abis itu diantarnya aku ke teller, gak lama kemudian selesai deh urusan... hihihi... abis itu aku jalan kaki ke arah George St (dan bukannya ke arah stasiun Museum... wekekekek...). Bukannya fokus pada pencarian Krispy Kreme, aku malah masuk TGV (The Galleries Victoria) dan mencari.... KINOKUNIYA!!!

Tinggal selangkah lagi masuk Kinokuniya, Iqbal ngirim SMS... katanya mereka sudah berangkat. Yaaahh... gagal maning Kinokuniya-nya. Tapi yang penting sudah tauk tempatnya. Akhirnya kubilang bahwa aku akan langsung ketemu mereka di stasiun Central, tepatnya di platform yang melayani kereta jurusan Bondi Junction.

Dari TGV aku langsung nyebrang ke stasiun Town Hall. Aku kemaren-kemaren udah liat bahwa di dekat pintu masuk stasiun Town Hall ada Krispy Kreme. Hehehe... jadi sebelum masuk Town Hall, beli 1 Original Glazed-nya Krispy Kreme dulu. Yummyyy... sebenernya gak doyan-doyan amat sih, tapi namanya juga belum sarapan...

Dari Town Hall langsung ngambil kereta ke Central, terus di Central ngambil platform 24, yang emang tempatnya agak terpisah dan khusus melayani jurusan Bondi Junction. Ternyata aku nyampai beberapa menit lebih dulu dibandingkan bapak-bapak.

Kami pun naik kereta jurusan Bondi Junction sampe poll trayeknya. Suasana di kereta ini agak berbeda dibandingkan kereta-kereta yang kemaren kami naiki. Di kereta ini nih orang banyak yang pakek baju pantai, maen banget lah suasananya.

Sampai di Bondi Junction, kami ngantre naik bis yang menuju Bondi Beach, pilihannya kalo gak nomor 380, 381, atau 333. Baru kali ini nih, akhirnya nyobain menggunakan Green Travelpass-nya untuk naik bis.

Sampai di Bondi Beach... WAAAAA... bener-bener beda dengan yang kulihat tahun 1995. Waktu itu kan pas winter, jadi pantainya kosong. Kali ini lumayan penuh, meskipun aku yakin bakalan lebih penuh lagi andaikata itu wiken atau ketika summer nanti. Aku, Iqbal, dan pak Djoni turun ke pasir dengan copot sepatu, sementara pak Yus dan pak Mahyudin jalan-jalan di pertokoannya. Banyak barang-barang surfing di sana, kesukaan anaknya pak Yus.

Salah satu syarat minimal ketika pergi ke pantai adalah: paling gak kaki harus dibasahi dengan air laut di pantai tersebut. Dan itulah yang kami lakukan. Tapi ketika mencelupkan kaki ke ombak yang menepi... BBRRRR... wah ternyata suasananya aja yang agak panas, tapi airnya tetep aja kayak air es!!

Setelah puas foto-foto... kami mencari pak Yus dan pak Mahyudin. Dan juga mencari makan sih... sudah jamnya makan siang. Setelah menunggu dan sok-sok berjemur di pinggir pertokoan, sehingga berakibat belangnya telapak kaki, akhirnya kami makan di Hungry Jack (lagi). Kali ini aku memesan Cheeseburger Regular Value Meal yang minumnya di-“upgrade” jadi Orange Juice. Aneh... masa’ soda lebih murah dibandingkan orange juice.

Selesai makan, kami berencana mau balik ke kota untuk mengunjungi Paddy’s Market, pasar oleh-oleh murah yang hanya buka pada hari Kamis, Jum’at, Sabtu, dan Minggu. Aku mengajak kita naik bis saja sampai ke kota, itung-itung nyoba naik bis yang agak jauh. Kali ini bis pilihan kami adalah route 333 yang merupakan Pre-Pay Only Bus, artinya sebelum naik bis itu harus beli tiket terlebih dahulu, pak supirnya gak merangkap jualan tiket di atas bis. Kalo kami kan bisa pakek Green TravelPass, jadi ga usah beli tiket lagi.

Bis 333 ini tergolong bis gandeng... aku juga baru pertama kali ini naik bis gandeng yang ternyata rada-rada “egal-egol” kalo belok. Di Jakarta ada bis gandeng, bahkan TransJakarta pun ada yang gandeng, tapi kebetulan aja belum pernah dapet TransJakarta yang tipe gandeng, kalo yang gendeng... yaaahh... pernah lah beberapa kali...

Tujuanku untuk naik bis adalah biar bisa liat-liat pemandangan di sepanjang jalan, kalo naik kereta kan gelap doang pemandangannya. Tapi dari Bondi Beach sampai ke Bondi Junction, yang ada aku malah tidur, karena keenakan di-lela-lela di dalam bus. Akhirnya waktu sebagian besar penumpang turun di Bondi Junction, aku pindah ke belakang (bagian gandengan), mendekati anggota rombonganku yang lain. Asik juga sih... liat toko-toko di pinggir jalan yang kami lewati, terus sedikit ngerasain macetnya Sydney. Waktu tahun 1995, di catatan perjalananku aku bilang kalo di Australia gak ada macet, makanya seneng banget pas liat macet gara-gara ada demo anti nuklir di George St. Nah... kalo sekarang, hampir tiap sore aku menyaksikan kemacetan kecil di depan Queen Victoria Building.

Selain liat toko dan macet, kami sempet liat ada perbaikan sarana umum yang sedikit mengorbankan trotoar. Mirip dengan pembangunan trotoar di samping Sampoerna Strategic Square, sebelah kantorku. Bedanya? Kalo di Sydney, di samping trotoar yang babak belur itu dikasih karpet abis itu di sisi luarnya diberi pagar, jadi pejalan kaki tetep bisa jalan kaki dengan tenang tanpa takut diserempet mobil. Kalo di samping Sampoerna, kita mesti sharing jalan bareng motor dan mobil... duh capek deh...

Rencananya kami mau turun di halte Circular Quay, tapi waktu lewat di dekat Hyde Park, pak Yus mengusulkan kami untuk turun di situ saja, jadi kami pun turun di seberang stasiun St.James. Trus kami masuk dulu ke Hyde Park untuk foto-foto di depan St.Mary Cathedral. Setelah itu, kami masuk ke stasiun St.James kemudian naik kereta ke Central.

Dari stasiun Central, kami jalan kaki ke Paddy’s Market. Lumayan emang... barangnya lebih murah dari di Hot Dollar. Jadi beli-beli lagi deh, nambahin ol-ol yang kemaren dah dibeli di Hot Dollar World Square, tapi gak terlalu banyak. Aku gak lama-lama di Paddy’s Market, setelah selesai beli-beli, aku pamit kepada bapak-bapak, karena aku mau wisata TOKO BUKU!!!

Aku pun berjalan menyusuri George St. (sambil bawa-bawa buntelan ol-ol itu). Tujuan pertamaku adalah Kinokuniya yang tadi pagi gagal dikunjungi. Di Kinokuniya berusaha mencari majalahnya Ndoro, tapi ternyata mereka cuman jualan majalah Design & Architecture. Akhirnya hanya beli buku-buku Star Trek.

Dari Kino, terus nyebrang George St. ke dekatnya QVB, terus nyebrang York St., aku pun masuk ke Galaxy Books, toko buku yang jualan pernak-pernik sci-fi. Di sini memang buku Star Trek-nya banyak. Tapi aku udah merasa cukup dengan buku yang di Kino. Lagi gak ada buku Star Trek yang spesial banget sampe harus nambah-nambahin bobot koper.

Keluar dari Galaxy, aku jalan ke arah Market St. Kurang lebih 3 toko dari Galaxy, nemu toko majalah. Ternyata di situ jualan majalah cross-stitch pesenannya Ndoro. Aku beli 1 yang keliatannya belum punya. Paling gak satu barang titipan dah dapet deh...

Next destination adalah Dymocks, toko yang dulu sangat menarik karena banyak jualan buku Star Trek. Nah... aku bersarang aja tuh di basement-nya. Buku Star Trek-nya udah kebeli di Kino, tapi tetep liat-liat, kali aja ada yang tertinggal (ternyata enggak sih). Abis itu liat buku piano secara detail. Gak ada yang menarik banget sampe harus bela-belain beli. Trus masih usaha ngeliat di Disney Store-nya, tapi kok buku semua sih? Gak ada bonekanya. Aku kan nyari eeyore. Di salah satu pojok di deket Disney Store itu, ternyata ada boneka-bonekanya Original Pooh, dan ada Original Eeyore yang warnanya ungu. Bungkus deh!!

Dari Dymocks, aku jalan kaki menuju hotel. Bawaan udah berat, aku harus meletakkannya di hotel dulu kalo mau cari makan malam. Kirim SMS ke Iqbal, ternyata mereka baru aja sampai dari Paddy’s Market. Ya wis, janjian cari makan malam bareng.

Setelah taroh barang di hotel, aku dan Iqbal jalan lagi. Bingung mau kemana... aku inget SMS dari Kiki yang menyarankan untuk mengunjungi Chinese Garden of Friendship. Kami pun jalan kaki dari hotel menuju daerah Darling Harbour. Chinese Garden letaknya di depan Darling Harbour Exhibition Centre. Dari luar keliatan penuh dengan bamboo dan willow tree. Ketika kami sampai di pintu depannya, ternyata mereka sudah tutup jam 6 sore, sedangkan itu sudah hampir jam 7, pakek admission fee pula. Oohh... kirain gretong, biasanya kan taman itu gratisan. Hehehehe...

Akhirnya kami foto-foto saja di depannya. Terus aku mengusulkan kita ke Harbourside Shopping Centre saja, karena Iqbal bilang dia cari KFC. Kalo aku cari Sushi. Pengen makan Sushi di Sydney. Kebetulan aku inget di food courtnya Harbourside tuh ada KFC dan ada yang jualan Sushi. Taappiii... biar lebih seru, kami mau naik tram (LightRail), sekalian nyoba naik gitu loh.

Kami berjalan melewati samping Exhibition Centre untuk menuju stasiun tram terdekat. Stasiun tram-nya agak aneh... ticket vending machine-nya rusak, trus ada keterangan bahwa bayarnya di atas tram. Hihhihi... jadi kayak Metro Mini, ada yang kecrek-kecrek koin gak ya?

Gak lama tram-nya datang. Mungkin karena itu jam pulang kantor ya, jadi tramnya peennuuuhh... walaupun gak sepenuh busway ketika jam pulang kantor sih. Kami masih bisa dengan mudah menemukan tempat berdiri. Biaya naik tram lintas zone adalah $4.20. Memang kami hanya melewati 2 stasiun, tapi sudah nyebrang dari zone 1 ke zone 2. Aku mengoper duit receh senilai $4.20 ke Iqbal waktu kulihat mbak-mbak kondekturnya berjalan ke arah Iqbal. Udah gitu, gak lama... ternyata kami sampai di stasiun Pyrmont, tempat kami harus turun.

Setelah turun dari tram dan lagi jalan keluar, Iqbal tiba-tiba bilang: “Tadi gak bayar Git... abis kondekturnya tiba-tiba balik arah pas udah deket ke gue.” WHAT?!! Wakakakakakakakak... Hoooreee... Kapan lagi coba, bisa naik kendaraan umum di Aussie terus gak bayar...

Kami sempet foto-foto di seputaran StarCity dan Pyrmont Bay, aku yang tadinya masih hore-hore aja jalan dengan T-Shirt dan celana capri, akhirnya menyerah dan mengeluarkan jaket. Anginnya gede banget sih... Baru setelah itu jalan masuk ke Harbourside.

Kami makan sesuai rencana (KFC dan Sushi maksudnya). Aku ngambil paket Sushi seharga $9.50 di stall Sakura di food court. Yang jualan jepang banget. Wasabi-nya di dalam kemasan kantong kecil gitu. Hmm... yummy... akhirnya... susshhiii... Setelah kenyang, jalan-jalan dulu ngeliat-liat Harbourside Shopping Centre ini, karena waktu hari pertama baru dateng, gak sempet ngeliat detailnya. Aku agak-agak berharap ada toko yang jualan barang Snoopy, tapi ternyata pilihan tokonya garing, gak serame jaman pertama kali ke situ.

Setelah puas (maksudnya puas gak nemu apa-apa...), kami pulang dengan menggunakan monorail. Emang udah niat sih, bahwa selama di sana kudu mencoba sebanyak-banyaknya mode transportasi umum. Aku pikir tiket monorail itu bangsa $3.50 gitu, eh tak taunya $4.80 untuk sekali naik, jauh-dekat bayarnya sama. Trus meskipun itu sudah jam 9 malam, ternyata monorailnya lumayan penuh, jadi kami gak kebagian pada kesempatan pertama. Kami baru naik pada monorail kedua yang datang setelah kami nunggu di peron. Trus untuk membuat supaya $4.80-nya gak berasa kemahalan, kami memutuskan untuk muter 1 circle dulu dari stasiun Harbourside sampe ke Harbourside lagi, baru kemudian turun di stasiun World Square.

Kita belanja-belanja dulu di World Square. Ralat ding... aku belanja di Priceline, sedangkan Iqbal nunggu di warnet depannya Hot Dollar. Kalo di toko obat macamnya Watsons gitu kan suka banyak barang aneh yang gak ada di Indonesia. Aku memang mengincar barang tertentu yang gak ada di sini. Hehehe...
Setelah mendapatkan info tentang beberapa alternatif tempat wisata, kami pun pulang dengan memutuskan bahwa besok kami ke Manly!!