Saturday, November 22, 2008

Sydney Trip: Day 3

Rabu, 29 Oktober 2008
Sebelum turun makan pagi, aku menengok ke luar jendela kamar hotelku. Hmm... ada sesuatu yang tidak biasa... Gedung tinggi yang berada di sebelah kanan kamar hotelku kok atapnya tertutup kabut/awan ya? Aku mengamati jalanan di bawah... kenapa lebih mengkilap? Sepertinya jalanannya basah... Habis hujan kah?

Ketika aku sampai di lobby, terjawab lah sudah misteri yang jadi pertanyaanku dari tadi: gerimis. Sebenernya bukan gerimis seperti yang aku kenal di Jakarta. Kalo gerimis yang itu = hujan ringan. Nah yang ini ukuran tetes airnya lebih halus dibandingkan hujan, jadi gak nusuk-nusuk seperti air hujan. Ini yang di ramalan cuaca biasa disebut: drizzle. Tak tahu kalo dibahasa Indonesiakan jadi apa istilahnya.

Kami berangkat agak terlambat hari ini. Jam ½ 10 baru jalan dari hotel. Pas berangkat dari hotel ke kantor, aku masih rajin pakek payung. Tapi setelah selesai ngantor, payungnya jadi berasa ngerepotin, karena meskipun aku basah kena drizzle tadi, aku tidak merasa kehujanan... akhirnya kulipat dan disimpan di tas saja.

Kali ini kami langsung menuju ke Central, gak pakek muter lewat City Circle dulu. Sampai stasiun Central jam 10. Terus menuju ke Intercity Train Platform. Kami mencari kereta yang menuju New Castle, karena kereta tersebut berhenti di Epping, tapi tidak berhenti di setiap stasiun yang kami lewati. Hanya berhenti di Strathfield, kemudian Epping. Jadi lumayan, bisa menghemat 20 menitan. Tapi kereta tersebut baru jalan jam 10.15. Jadi bengong dulu nunggu keretanya jalan.

Sampai Epping, kemudian naik taksi besar lagi. Kali ini bukan imigran dari Indonesia lagi. Oya, taksi sana enak, dilengkapi GPS. Jadi supirnya langsung ngetik alamatnya di GPS-nya, terus tinggal ngikutin rute tercepat yang ditunjukkan. Gak pakek acara nyasar.

Jam 11 kurang sampai di Avaya. Sudah ditunggu oleh James. Kami langsung dipersilakan masuk ke ruang meeting di atas. Karena cuacanya gak bersahabat, langsung dipersilakan untuk bikin minuman panas di bagian belakang ruang meeting tersebut. Kebayang enaknya minum teh susu lagi dingin-dingin gini... Udah nakar tehnya, nakar gula… pas nyari dispenser air panas, si James nunjukin keran air panas. Wakakakakak… akhirnyaaa… yang lain terpaksa minum air dari keran jugaaa…

Sebenernya gak usah ragu untuk minum air keran. Orang-orang yang tinggal di sana melakukannya tiap hari kok. Dan perut kita, orang-orang Indonesia, hampir bisa dipastikan lebih tahan banting dibandingkan perut mereka. Wong makan di warung tenda sebelah tempat sampah saja kuat…. Apalagi cuman minum air keran yang water treatment-nya udah oke dan tiap hari diminum sama bule-bule itu.


Selesai urusan dengan James, kali ini dia gak ngantar kami ke stasiun Epping, karena ada janji lagi dengan orang lain. Sebagai gantinya, dia panggilkan 2 mobil Premiere Taxi. Pas mobil pertama datang, aku, pak Yus, dan pak Mahyudin naik duluan menuju stasiun Epping. Kami dibawa lewat jalan di belakangnya kompleks Avaya itu. Ternyata Epping itu adalah daerah macamnya Silicon Valley. Kalo di Jakarta itu dimana ya? Mungkin Cikarang kali ya... atau Karawaci?

Agak lama juga kami nunggu Iqbal dan pak Djoni di stasiun Epping. Tujuan kami berikutnya adalah Pennant Hills. Di sana ada Koala Park Sanctuary. Kami mau liat binatang-binatang khas Australia. Tapi Pennant Hills itu gak tercakup dalam coverage tiket Green Travel Pass kami. Jadi terpaksa mesti beli tiket lagi. $4.20 untuk pulang pergi Epping-Pennant Hills-Epping. Ih, tak taunya... di Pennant Hills gak ada gerbang tiket, misalkan kami nakal gak beli tiket pun gak apa-apa sebenernya. Tapi harus jujur dong...

Sampai di Pennant Hills, kami bingung. Naik bis darimana ya? Setelah nemu halte bisnya, liat jadwalnya… ternyata bis berikutnya masih 40 menit lagi. Waatttaaa… padahal udah laper. Iqbal dan aku pun berinisiatif nyari makanan, sekalian buat yang lain juga. Secara kami kan yang masih muda segar bugar, jadi keujanan dikit harusnya lebih kuat lah.

Dengan bermodal jas seragam Raker SDM KKKS BPMIGAS dan scarf hitam beli di FPS ITB 2008 (fungsinya ganti-ganti, kadang buat diikat di leher untuk menghangatkan, kadang diikat di kepala biar rambut gak terlalu basah, kadang buat nutupin muka biar gak kena semprot air), aku pun jalan ngikutin Iqbal nyebrang pelataran parkir yang ada di dekat halte tersebut. Di sisi lain dari pelataran parkir tersebut ada jalan besar, di seberangnya ada KFC.

Sebenarnya jalannya gak besar-besar banget dibandingkan jalan-jalan yang ada di Jakarta, palingan hanya 3 jalur bolak-balik (jadi 6 jalur), tapi kendaraan yang lewat di situ tuh trailer-trailer gede dengan kecepatan lumayan, mirip kayak di Tanjung Priok. Udah gitu, sebagian dari jalan tersebut dibatasi dengan beton-beton setinggi pinggang, mirip dengan beton yang dulu ada di depan stasiun Gambir. Jadi untuk nyebrang sembarangan… gak mungkin banget lah, selain berbahaya… kalo sampai terjadi apa-apa, kita yang salah karena nyebrang tidak pada tempat yang benar. Jadi kami harus jalan dulu ke lampu lalu lintas terdekat, nyebrang… kemudian jalan lagi menuju ke KFC.

Selama berada di Sydney, mungkin itu saat-saat yang bisa dibilang paling menantang dari segi cuaca. Seharian drizzle gak berhenti-berhenti… ditambah pula anginnya dingin. Trailer-trailer yang ngebut itu ikutan nambah-nambahin angin pula. Ya itu, sesaat mungkin berasa jaauuuhh banget dari rumah, tapi gak boleh berasa putus asa. Dibalik aja cara berpikir kita: “Nikmati Git, loe gak tiap hari ngalamin drizzle ditambah angin kayak begini… Di Jakarta gak ada yang beginian...” (adanya yang lebih parah kali ya? Wakakakak…). Jadi meskipun hidung dan rambutku basah, masih ketawa-ketawa hore ajah.

Tadinya kami gak mau beli di KFC. Beli aja di mini market-nya SPBU Coles, lebih dekat jaraknya dari lampu lalu lintas tempat kami menyebrang. Tapi rupanya di mini market itu gak ada sandwich, adanya pie saja. Jadi ya jalan lagi ke KFC. Ngantre bareng sama supir-supir truk. Lama nunggu (kasirnya menghilang) baru dilayani. Mesen 5 paket twister yang terdiri dari: Twister, Chips, dan Air Mineral.

Selesai urusan di KFC… aku gotong-gotong plastic isi 5 botol air mineral, si Iqbal ngurus makanannya. Kita nyebrang lagi menuju halte bis tempat 3 orang bapak-bapak yang lain menunggu. Eeehhh… sampe sana, ternyata mereka sudah ada makanan, dari seberang stasiun kereta katanya. GUBRAK!! Wuadduuhh… padahal usahanya lumayan juga buat membawa Twister itu. Meskipun sudah pada pegang makanan, twister dan minumnya tetap kami bagikan. Lumayan buat makan malam nanti kaann…

Ternyata bisnya yang bakal kami naiki (rute 632) sudah ada, tapi memang belum ngetem di halte. Sementara itu haltenya sudah penuh dengan anak-anak ABG (usia SMP gitu deh) yang baru turun dari kereta. Mereka kayaknya baru pulang sekolah deh.

Aku pun nunggu di tengah-tengah ABG itu sambil menyantap chips-nya KFC yang ternyata enak banget (ini bukan karena lapar loh, karena emang beneran enak). Belum selesai makan, bisnya ngetem di depan halte. Padahal gak boleh makan di dalam bis. Chips-nya langsung aku masukkan saja ke ransel. Hihihi… beneran agak-agak careless kali ini. Biasanya aku gak pernah mau masukin makanan ke tas tanpa dilapis kantong plastic, nah kali ini karena keterbatasan resource, Twister dan Air Minum langsung aku masukkan ke tas. Sebelum naik bis, masukin Chips-nya sekalian yang udah dimakan sedikit.

Bis yang kami naiki ini bukan Sydney Buses, tapi Hills Buses. Jadi gak termasuk dalam coverage Green Travelpass kami. Harus beli tiket lagi deh. Sekali jalan ke Koala Park tarifnya $3.

Gak lama bis itu pun meninggalkan halte, dengan dipenuhi oleh anak-anak ABG yang tadi. Sebagian dari mereka berdiri. Di tengah jalan, aku dan Iqbal berdiskusi: kita turun dimana ya? Wuuaaaa... kita tuh sama sekali gak tauk, sebenarnya Koala Park itu di sebelah mana...

Untung banget... aku jalan ke bagian depan bis dan bertanya ke supirnya tepat pada waktunya. Dia bilang Koala Park berhenti di next bus stop. Wuahahaha... coba kalo telat sedikit.. udah kelewat kali. Gak asik jadinya.

Setelah turun dari bis, ternyata kasusnya sama dengan KFC. Kami turun tepat di sebrang Koala Park, tapi gak ada fasilitas penyebrangan di situ. Harus jalan lagi deh ke lampu lalu lintas terdekat. Pak Yus nyuruh aku buat pakek payung lagi, tapi ya gitu lah... meskipun basah, tapi aku gak berasa lagi kehujanan. Hari itu yang pakek kostumnya pas banget dengan cuacanya hanya pak Mahyudin: jas hujan tahan air.

Bukannya ngeluarin payung, aku malah mengeluarkan... Chips!! Jadi sambil jalan ke lampu lalu lintas, nyebrang, terus jalan balik lagi ke Koala Park, aku asik menikmati Chips-nya KFC yang tadi belum habis. Hihihi... jadi agak-agak lemes gitu deh kentangnya, karena kena basah dan baru aja diungkep di dalam tasku...

Sampai di Koala Park, buang karton Chips-nya KFC yang sudah kosong, terus beli tiket masuk seharga $19. Hujan... atau Drizzle masih terus berlangsung. Untungnya mereka menyediakan payung besar yang bisa digunakan oleh setiap pengunjung. Dengan kondisi Koala Park yang penuh dengan pepohonan, air yang jatuh gak akan kerasa seperti drizzle, karena sudah kena pepohonan dulu, jadi pasti tetesannya gede-gede.



Banyak juga ternyata binatang yang belum pernah aku lihat secara langsung, contohnya Wombat, Dingo, Possum. Koala-nya di sini banyak, hihihi... cuddly banget, kayak boneka. Terus aku sempet masuk ke kandang kanguru. Kangurunya mengira aku, membawa makanan, jadi dia berusaha berdiri meraih tanganku. Hihihi... jadi lucu deh fotonya... Padahal di kandang kanguru itu banyak telek kanguru bergelimpangan, kacamataku lembab, jadi agak-agak susah untuk melihat dengan jelas... pasrah aja lah... mau nginjek telek kanguru juga bodo amat deh...


Kami akhirnya keluar dari Koala Park jam 5, tepat beberapa menit sebelum Koala Park-nya tutup. Tadinya aku gak mau belanja apa-apa... tapi setelah ngeliat pak Yus bawa boneka Koala gede banget... kok aku belum beli apa-apa ya... Liat-liat ke tempat boneka... aku gak tertarik untuk beli boneka Koala ataupun Kanguru, abis kok standar banget... Pengen boneka dingo sebenernya, tapi gak ada. Akhirnya aku nemu binatang gilig gitu... bentuknya kayak marmut, ekspresinya kayak om La. Aku tanya dulu sama yang jaga toko: ini binatang apa sih? Dia bilang: ”Itu wombat. Seperti Matilda The Wombat, emang tadi kamu gak liat dia?”. Aku cuman mikir: Yang mana ya? Tadi lewat kandang wombat tapi kosong, aku pikir wombat-nya lagi ngumpet karena hujan.

Ternyata oh ternyata... belakangan aku baru sadar kalo sebenarnya aku memang pernah melihat Matilda. Jadi waktu kami baru masuk ke areal Koala Park tadi, ada binatang lebih gede dikit dari om La lagi dikerubutin sama turis-turis Jepang. Aku pikir itu koala besar, tapi sebenernya itu tuh wombat... berarti itulah si Matilda!!


Ibu-ibu yang jaga loket/toko menyuruhku menamai wombatku ”Matilda”. Matilda-ku langsung kumasukkan ke dalam ransel, berdesak-desakan dengan air minum, payung, twister KFC yang belum sempat kumakan, dll. Kemudian kami menunggu bis yang menuju kembali ke stasiun Pennant Hills. Cuaca masih juga drizzle, tapi gak selebat tadi.


Sampai di Pennant Hills, Iqbal bilang mau ke Video Ezy yang ada di perempatan tempat kami nyebrang tadi pas mau ke KFC. Jadi sementara bapak-bapak lainnya langsung masuk ke stasiun, aku berdiri nunggu Iqbal di depan stasiun sambil makan twister yang tadi belum sempet dimakan. Lunch part-2 at 5 pm ceritanya...

Iqbal ternyata gak lama-lama di Video Ezy. Kami cepet-cepet menuju platform, dan gak lama kereta menuju City datang. Kali ini aku milih duduk di kompartemen bawah. Dan pembicaraan hari ini bertemakan: sepeda. Hihihihi…

Sampai di stasiun Central, kami turun dan tidak meneruskan perjalanan ke Museum. Kami keluar dari stasiun Central dengan harapan akan menemukan taman yang kemaren kami lihat dari atas Sydney Tower. Waktu itu drizzle-nya sudah berhenti. Ternyata kami tidak menemukan bangunan yang bentuknya seperti gereja yang berada di tengah taman tersebut. Adanya taman biasa saja dengan rumput yang luas. Waktu aku liat peta, ternyata taman yang bentuknya segi empat dan di tengahnya ada tugu besarnya adalah Hyde Park, yang mana berada di sampingnya stasiun Museum. Kami masuk lagi ke stasiun Central, terus naik kereta ke Museum. Di Museum, kami berpisah. Pak Mahyudin dan pak Djoni pulang ke hotel, sedangkan aku, pak Yus, dan Iqbal masuk ke Hyde Park.



Acaranya di Hyde Park adalah foto-foto... segala macem dijadikan obyek foto. Dari mulai ANZAC War Memorial, Australian Museum, patungnya Captain Cook, kolam di depannya War Memorial yang berlatar belakang Sydney Tower, dll. Karena Iqbal asik sendiri dengan foto-fotonya, terus aku asik sendiri memperhatikan tanaman-tanaman yang gak ada di Indonesia, akhirnya kami bertiga terpencar. Pak Yus pulang duluan ke hotel menjelang gelap. Iqbal gak tauk moto-moto dimana. Aku dan Iqbal akhirnya berhasil ketemu lagi di depan stasiun Museum sekitar jam 8 sore menjelang matahari terbenam. Dan kami sepakat kalo kami kelaparan dan pengen mencari steak daging sapi, abis kalo di Indonesia kan yang namanya Australian Beef sangat diagung-agungkan. Jadi sekarang pengen makan Australian Beef Steak di negara asalnya.


Pencarian steak daging pun dimulai… pertama kami jalan kaki ke Chinatown. Bukannya nemu steak daging, malah nemu yang jualan makanan Padang di salah satu food court di Chinatown. Setelah capek muter-muter dan gak nemu resto yang jualan steak tapi gak berbentuk pub… akhirnya aku mengusulkan: kita tutup kuping aja deh, masuk bistro yang satu lokasi sama pub yang kemaren (yang jualan Australian Angus Beef).

Akhirnya kami jalan ke arah pub tersebut. Oya, nama restonya Shark Bites. Untuk masuk ke Shark Bites Bistro itu, mesti melewati pub yang penuh dengan orang main bilyard, kongkow-kongkow, nonton pertandingan football dari LCD Projector, tak lupa berisik dengan suara musik, asap rokok, dan bir di atas meja. Wuah… lengkap lah sudah…

Ternyata tempat pemesanan makanannya si Shark Bites jadi satu dengan pub berisik tadi. Kami masing-masing memesan 1 porsi Australian Angus Beef Steak (aku lupa part/bagian apanya) with Mashed Potato + Extra Sauce (Dianne Sauce). Plus 1 gelas soft drink. Gak ada yang gak pakek soda di situ. Kalo mau gak pakek soda, ya minum bir. Kami dikasih semacam alat bernomor yang bentuknya seperti remote TV. Mbak-mbaknya bilang kami harus ngambil pesanan kami di dapur. Kami pun masuk lebih dalam ke arah meja-meja sepi yang ada tulisannya Shark Bites Bistro. Ternyata setelah duduk di situ, suara-suara berisik dari pub gak terlalu mengganggu.

Btw… gimana tauknya kalo pesanan kami sudah selesai…?? Aku jadi mengintai terus jendela dapur tempat para pengunjung lainnya mengambil pesanan mereka. Waktu dari jauh keliatan ada 2 steak dengan mashed potato diletakkan di pinggir jendela, aku langsung dengan sok taunya berjalan mendekati jendela itu. “Itu pesanan nomor 19 bukan?” Baru aja selesai ngomong… alat yang mirip remote TV tadi berbunyi… ternyata alat itu sejenis pager gitu (wah, emang ndeso banget…), buat manggil kita kalo pesanannya sudah selesai.


Tampangnya sih menarik bangeett… mashed potato di bawah, ditumpuk dengan daging steak, terus disiram pakek sauce-nya, abis itu dikasih sejenis potongan pangsit panjang-panjang… Tapi pas dimakan… umm.. empuk sih… tapi bayanganku tuh jauh lebih empuk dari itu!! Yang ini lebih alot kalo dibandingkan steak bikinan sendiri yang dimasak pakek Multi Roaster Oven dan diungkep lama pakek meat tenderizer. Dianne Sauce-nya ternyata kurang spicy kalo buat lidahku, akhirnya aku tambahin dengan barbeque sauce botolan, macamnya saus steak A1 gitu deh.

Selesai makan steak, kami mencari warnet. Abis kalo internetan di hotel sejam bisa abis $6. Nah ini... sejam cuman $2.50. Fungsinya warnet tuh buat mencari info-info tentang obyek akan kami kunjungi keesokan harinya. Untuk kali ini, tujuannya adalah mencari info mengenai persewaan mobil. Kami tuh lagi mikir-mikir gimana kalo besok pergi ke Blue Mountains pakek mobil sewaan.

Sewa mobil di sana gak terlalu mahal, mirip-mirip aja dengan di sini kalo dikurs dengan uang rupiah, mungkin karena dalam kondisi tanpa supir ya. Terus bensin juga kita yang bayar lagi. Tapi harga bahan bakarnya juga sama aja dengan harga di sini, terutama bensin Pertamax dan sodara-sodaranya itu. Cuman... ternyata setelah liat di websitenya RTA-nya NSW... untuk SIM dari luar Australia sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan ada terjemahan bahasa Inggrisnya andaikata SIM tersebut tidak dalam bahasa Inggris. Lhhaaa... SIM Indonesia kan pakek Bahasa Indonesia... ah daripada-daripada pas apes ada razia... dendanya malah gila-gilaan, mending ambil yang aman aja deh: naik kereta lagiii...

No comments: