Saturday, July 09, 2005

Suzhou

Suzhou adalah eksportir wanita... hihihihihihihi…. Ini kata si Hasan loh, local guide di Suzhou.


Obyek yang dikunjungi adalah Tiger Hill. Di tiger hill ada pagoda dari batu yang miring. Kenapa dia miring? Karena di bawahnya ada makam raja, sehingga tanahnya jadi lembek sebelah. Di dekat pagoda ada Batu 1000 orang. Di tempat itu, anaknya Raja yang dimakamkan di situ membunuh orang2 yang membangun makam itu dengan arak yang dikasih racun, maksudnya supaya mereka gak bercerita bahwa di situ ada makam raja. Hiiiyyy....


Obyek lainnya adalah Hangshan Temple. Yang ini adalah kuil agama Buddha. Di situ ada lonceng yang konon bisa mengusir kerisauan kalo dibunyikan.


Obyek terakhir adalah GUSU Silk Factory. Produk khasnya adalah Silk Quilt atau Selimut Sutra. Apa istimewanya? Kata Hasan, Selimut Sutra adalah Selimut AC. Ketika udara panas, dia jadi terasa dingin, sedangkan ketika udara dingin, dia jadi hangat. Entahlah aku juga belum sempet membuktikan. Nanti kalo terbukti, aku kasih tauk deh. Selimut sutra terbuat dari kepompong ulat sutra kembar.

Di situ kita lihat cara pembuatan benang sutra. Benang sutra terbuat dari kepompong tunggal. Langkahnya begini:
1. Pilih dulu kepompong unggulan
2. Masukkan kepompong ke dalam air panas/godokan air
3. Dengan sapu lidi mini, kita ambil ujung benang sutra dari kepompong2 itu.
4. Dengan mesin, benang sutranya digulung. Setiap 8 kepompong bisa menghasilkan selembar benang sutra sepanjang 2000 meter.


Kalau cara pembuatan selimut sutra adalah seperti ini:
1. 8 kepompong kembar ditarik kemudian dilapis-lapis untuk membentuk 1 kantong kecil.
2. 8 kantong kecil ditarik kemudian dilapis-lapis lagi untuk membentuk 1 kantong besar (8x8 = 64 kepompong)
3. Dari 100 kantong besar, ditarik kemudian dilapis-lapis untuk membentuk 1 selimut sutra (100x64 = 6400 kepompong).
Jadi 1 selimut sutra membutuhkan 6400 kepompong kembar. Untuk menarik 1 kantong besar menjadi selimut, ternyata berat banget. Bapak2 aja kepayahan, tapi ibu2 yang kerja di situ sih kuat2 aja, katanya koh Hasan, mereka bisa Kung Fu loh... (Masa’ sih?)

1 comment:

Unknown said...

Mbak, bis aminta tolong alamat kontak Hasan/teman-teman lain di Suzhou nggak? Saya akan tugas 2 tahun di sana, perlu info. Makasih ya...