Friday, September 07, 2007

Kuala Lumpur: Hari Ke-3

Semakin hari kami semakin lihai untuk nyelip di monorail yang penuhnya bukan main itu, terutama kalo peak hours dan menuju ke “arah yang salah”. Di hari ketiga ini, gak perlu nunggu 2 monorail dulu. Biar kata penuh, nyelip ajah, yang penting ada tempat berdiri dan gak kejepit pintu.

Hari ini venue-nya pindah ke lantai 4. Good news-nya adalah tandas-nya ada semprotan airnya!!! Huihuihuihui... jadi menambah ketenangan batin lah. Bad news-nya adalah AC-nya luar biasa dingin. Walah... padahal hari ini kostumku pakek celana panjang. Ini aja udah kerasa dingin, gimana besok yah?? Aku kan menyiapkan kostum rok untuk besok?? Hehe... karena keterbatasan ruang di koper, jadi bajunya sudah kuhitung bener-bener dari sejak di Jakarta. Jangan sampe kelebihan, tapi tetep harus ada cadangan secukupnya.

Kalo kemaren attendances-nya hanya 12 orang, hari ini ada sekitar 60 orang. Pembicaranya juga banyak. 1 pembicara palingan hanya dapat waktu 45 menit untuk presentasi dan tanya jawab.

Menarik sih... karena selama ini persepsiku adalah yang namanya data dan knowledge management itu fokusnya ada pada teknologinya: bagaimana membangun sistem aplikasi yang bisa melakukan knowledge management. Tapi ternyata inti dari knowledge management itu adalah PEOPLE, karena yang punya KNOWLEDGE kan emang PEOPLE. Jadi, yang namanya orang itu boleh keluar masuk dari dan ke perusahaan kita, tapi pengetahuannya harus tetep tinggal di perusahaan kita. Yang namanya teknologi itu hanya sebagai supporting tools saja.

Trus percuma saja punya system aplikasi yang canggih, kalau tidak ada commitment dan enforcement dari top management. Yang dapat menanamkan knowledge management pada para PEOPLE yang ada di perusahaan tentunya adalah top management-nya.

Menu menarik makan siang adalah semacam gado-gado gitu deh. Rasanya biasa aja sih, tapi menarik. Terus hari ini aku agak-agak heboh makan dessert. Hihihi... dessertnya tuh very sinful deh: Coklat Mousse, terus ada lagi apple cake pakek vla. Penuh dosa kan??

Nah, sorenya... aku ikutan pergi ke Suria KLCC bareng bu Sapta dan mbak Tati. Kita lewat jalan belakangnya Crowne Plaza. Terus foto-foto di deket air mancur berirama yang ada di tamannya KLCC. Sekalian juga nyoba foto-foto dengan latar belakang Twin Towers-nya Petronas.

Ih, ternyata sulit ya pengen ngambil foto manusia (maksudnya ya kami-kami ini) dengan latar belakang Twin Towers Petronas, karena posisi kita terlalu dekat dengan pintu masuk ke Suria, sehingga susah untuk memasukkan ujungnya si kembar menara Petronas itu ke dalam frame kamera kita. Akhirnya cukup puas dengan foto yang gak pakek ujung menara, cukup dengan latar jembatan Skybridge yang di lantai 41 itu aja.

Hmmm... aku memang gak mencoba naik ke menara Petronas. Sebenarnya tiket masuknya gratis, namun dibatasi sampe 1200 tiket per hari. Jadi asalkan kita datang pagi-pagi sih biasanya masih kebagian tiket. Tapi menurut info dari Rama, hanya bisa naik sampe ke lantai 41 itu saja (Skybridge), itupun dibatasi 10 menit saja di atas Skybridge.

Foto ini adalah hasil foto Twin Towers Petronas yang kudapatkan sore itu. Setelah puas foto-foto, terus masuk ke Suria KLCC. Ngambil kartu diskon khusus tourist dulu dengan hanya menunjukkan paspor. Terus liat-liat Vincci, sepatu yang emang asli Malaysia, yang ternyata biasa ajah tuh rasanya... modelnya sih emang lucu-lucu, tapi aku pengennya yang enak, gak perlu lucu-lucu banget juga gpp. Mendingan ke Donatello sebrang jalan Ganeca aja deh, yang emang udah mengerti kakiku.

Terus mbak Tati dan bu Sapta tertahan agak lama di toko souvenirnya Petrosains, sedangkan aku langsung masuk ke Kinokuniya. Beli buku pesenannya Ndulo dulu. Udah gitu tenggelam di dekat rak buku musik lagi. Yang ini lumayan banyak buku musiknya, lebih banyak dari Borders. Kalo buku Sci-Fi-nya lebih dikit dibanding Borders sih...

Karena bingung mau beli buku piano yang mana, dan udah ditungguin Ibu cs di hotel Melia, jadi aku putuskan untuk besok saja balik lagi ke Kinokuniya buat milih-milih dengan lebih santai.

Waktu aku jalan ke arah kasir, udah mau bayar... aku iseng ngeliat ke deretan suling recorder yang digantung di dinding. Suling-suling itu dijual satu paket dengan buku instruksinya. And guess what...?? Di antara suling-suling recorder itu, ada satu suling yang istimewa, aku sampe gak percaya bisa menemukan barang itu di Malaysia. Aku pikir harus pergi ke Eropa dulu untuk menemukan barang itu. Suling istimewa itu adalah: Penny Whistle.

Apa istimewanya?? Buat yang suka nonton Star Trek (terutama The Next Generation), mungkin pernah nonton episode yang berjudul Inner Light. Kalo mau baca resensinya, ke Memory Alpha aja yah. Nah waktu pertama kali nonton Inner Light itu (years ago deh pokoke… aku masih SMP yang pasti), dan melihat alat musik yang dimainkan Picard, Bapak langsung komentar: loh, itu kan Penny Whistle. Suling logam dari Inggris gitu deh, dulu waktu masih kerja di lapangan (mungkin aku masih bayi), pernah nyoba nyari alat musik itu, buat iseng-iseng ajah.

Terus beberapa hari sebelum aku berangkat ke KL, Bapak bilang: “Ntar kalo di sana ada Penny Whistle ya…”. Komentarku adalah: “Yah… mana ada… kayak gituan cuman ada di Inggris kali…”. Dan ternyata… aku menemukannya di Kinokuniya KL.

Setelah bayar belanjaan Kinokuniya-ku, ternyata sudah jam ½ 8. Bu Sapta ada janji dengan temannya, sedangkan aku ditungguin Ibu dkk di hotel. Akhirnya kami ninggalin mbak Tati di Kinokuniya, terus jalan balik lewat Crowne Plaza. Mayan jauh juga bok, tapi masih sempet foto-foto dengan latar Twin Towers Petronas yang sudah dinyalakan lampu-lampunya. Dari Suria KLCC sampe ke stesen monorail Raja Chulan via Crowne Plaza, dengan kecepatan “jalan cepat” memakan waktu 20 menit. Sampe di Raja Chulan baju sudah basah berkeringat.

Sampai di hotel Melia, ternyata Ibu, pak Kus, pak Bambang, dan bu Bambang sudah nunggu di lobi. Karena bu Sapta sudah keburu ada janji dengan temannya, jadi gak ikutan makan bareng.

Makan malam kali ini di Berjaya Times Square lagi. Kali ini di resto Uncle Duck. Franchise dari Hongkong gitu deh. Entahlah halal apa enggak, hehehe, tapi kalo bebek kan emang gak mungkin dimasak barengan sama “yang satu itu”, karena rasanya bisa rusak kalo dimasak barengan. Kami pesen Nasi Bebek dengan Sup Ikan. Teh-nya (yang gretongan itu, persis kayak resto Sunda) wangi dan enak banget rasanya. Aku sampe nambah 3 kali, padahal kalo di Jakarta aku jarang sekali minum teh kecuali lagi bertamu ke rumah orang, atau diajakin beli green tea botolan, atau di resto Padang Sago yang deket kantor. Sup Ikan-nya juga yummy, mirip kayak sup ikan batam. Bebeknya juga crispy, terus sausnya tuh pas banget.

Setelah makan, agak muter-muter dulu di Berjaya Times Square. Aku, Ibu, dan bu Bambang masuk ke counter kosmetik Elianto, sementara bapak-bapak masuk ke Borders. Hihihi... Elianto... namanya kayak nama orang Jawa yah... Modelnya kayak Face Shop gitu loh... Asik banget ngeliat-ngeliat di situ. Eye shadow dan kutek-nya tuh warna-warni gitu loh (sebenernya hal biasa sih...tapi tempatnya enak ajah buat ngeliat-liat).

Setelah tokonya dah pada mau tutup, kita baru balik ke hotel. Bu Sapta belum datang ternyata. Aku mandi aja, pas udah mau tidur, Ibu telpon ke kamar. Nah... pas lagi telpon itu, tiba-tiba terdengar bunyi GEDEBUM!! Kayak bunyi meriam gitu...

Karena sudah pernah dapet Kejutan Kembang Api Tahun Baru, dan juga sudah dapet info tentang Fireworks Festival dalam menyambut 50 tahun Malaysia tanggal 31 Agustus besok, aku langsung bisa menebak kalo bunyi GEDEBUM tadi itu adalah kembang api. Aku langsung tutup telepon. Tapi... ada yang aneh... kenapa suara GEDEBUM-nya kenceng banget yah??

Pas lihat keluar jendela.. TERNYATA!!! Ternyata... peluncur kembang apinya tuh kira-kira berada di Low Yat Plaza yang berada tepat di sebelah/belakang hotel Melia. Kembang apinya tuh meledak tepat beberapa meter di atas atap hotel Melia. Dan aku berada di lantai 16, hanya 2 lantai dari atap gedung. Deket banget tuh kembang apinya... Jadi ”api” warna-warninya seolah-olah muncrat ke arah jendelaku. Huekekekekek... gimana ya... rasanya seneng ngeliat kembang api sedekat itu, tapi sambil ngeri juga ngeliat ”api”-nya begitu dekat.

Aku langsung ngambil kamdig, terus ngambil video, sambil berharap bu Sapta cepet dateng, biar ada temennya gitu loh. Ngeri kan...

Hihihi... lucu juga. Sebelum berangkat ke KL, aku pengen banget ngeliat kembang api, gara-gara ngeliat iklan Fireworks Festival itu, tapi gak nyangka deh bakalan dikasih liat kembang api sedekat itu!! Jadi ingat-ingat yah: Be careful of what you wish for!!

Tak lama setelah kembang apinya berhenti, bu Sapta datang. Kami pun bercerita heboh tentang pengalaman masing-masing. Terus tidur.

No comments: