Friday, September 07, 2007

Kuala Lumpur: Hari Ke-1

Aku memulai catatan perjalanan ini sejak berangkat dari rumah menuju Bandara Soekarno-Hatta. Di jalan tol dalam kota, tepatnya di depan Planet Hollywood, ketemu dengan ujung belakangnya Konvoi 1000 APV. Konvoi-nya bener-bener panjang, sampai ketika aku belok masuk ke tol bandara, aku masih belum menemukan ujung depannya konvoi itu.

Sampai di terminal E, aku langsung lari masuk ke toilet (hehehe… udah pengen dari tadi). Agak-agak bingung juga, karena ternyata bandaranya penuh banget. Setelah dari toilet, baru masuk ke tempat check-in. Di counter check-in-nya GA820 tertulis “Closed”. Wha…ttt?!!? Kok gitu?? Ini kan belum satu jam sebelum jam keberangkatan.

Hmm... ternyata tulisannya aja tutup, karena bisa check-in lewat counternya penerbangan Jakarta-Perth. Habis itu langsung bayar fiskal, ngikat koper, masukin koper ke bagasi, terus ke Imigrasi (gak pakai ngantre). Baru ketemu bu Sapta setelah lewat loket Imigrasi.

Kami langsung menuju ke Gate E3. Di pemeriksaan X-Ray sebelum masuk ke Gate E3 itu, bu Sapta terpaksa meninggalkan botol minumannya. Hii... repot juga ya, kalo haus pas nungguin di dalam ruang tunggu gimana ya?

Waktu kami naik di conveyor yang menuju Gate E3, sempet ngeliat rombongan TKI. Agak-agak dibentak-bentak gitu deh, sama mandornya. Giling deh... TKI kita itu gimana mau berharap dihargai oleh bangsa lain, wong bangsanya sendiri aja gak menghargai gitu...

Di depan gate E3 dikasih kartu boarding warna pink. Warnanya sesuai dengan nomor tempat duduk kita. Untungnya pesawat lumayan on time. Kami terbang selama 1 jam 44 menit, dapet makan ikan dan kentang dengan porsi yang ”pas yang penting kenyang”.

Ketika mendarat di KLIA, udara lagi panas-panasnya. Aku langsung mencari toilet, yang ternyata di KL namanya jadi ”tandas”. Keluar dari Tandas, kami bingung harus menuju kemana, soale gak ada petunjuk sama sekali. Akhirnya ngikut aja arus orang-orang lainnya pada jalan kemana.

Rupanya... untuk menuju ke Imigresen, Tuntutan Bagasi, dan Balai Ketibaan kita harus naik Skytrain dulu, karena ketiga tempat tersebut berada di gedung yang berbeda dengan gate dan apron tempat pesawat-pesawat itu parkir.

Di Imigresen, ternyata ngantrenya panjang, muter-muter kayak uler, persis kayak bank Mandiri kalo lagi tanggal muda. Lumayan lama deh ngantre di Imigresen itu, setengah jam lebih lah.

Lepas dari Imigresen, kami mencari-cari conveyor tempat koper-koper penumpang GA820 dikeluarkan, tapi kok gak ada ya?? Setelah agak-agak muter-muter... rupanya koper-koper itu sudah keluar dari tadi (maklumlah, kan ngantre di Imigresen-nya lama banget), kemudian koper-koper itu ditumpuk di salah satu ujung conveyor.

Terus kita langsung ke Tourism Centre yang ada di Balai Ketibaan itu. Maksudnya mau nanya, kalo pengen naik KLIA Express tuh beli tiketnya dimana, terus harus kemana. Ealah... malahan ketemu sama mas-mas Indonesia yang mengira kita pengen tauk, caranya menuju ke Jalan Imbi gimana. Dia dengan serta-merta mengeluarkan peta jaringan LRT/Monorail-nya KL (which is sebenernya ada juga di tasku), kemudian menjelaskan gimana caranya ke Jalan Imbi. Walah... kami hanya senyam-senyum, say thanks, tapi pertanyaan kami yang sebenernya belum terjawab bok!!

Untung akhirnya ngeliat loketnya KLIA Express. Langsung beli tiket 35 ringgit per orang. Terus mbak-mbaknya yang jual tiket ngejelasin gimana caranya ke stesen KLIA Express. Terus kami melewati bea cukai, giling juga nih orang Malaysia, masa’ baggage tag-nya gak diperiksa sama sekali... kalo nggak sengaja bawa barang orang gimandang coba yaa...

Kita naik KLIA Express yang jam 3, keretanya enak banget. Modelnya MRT di Spore, tapi tempat duduknya gak kayak angkot. Gak nyampe ½ jam kita sudah tiba di KL Sentral.

Nah... di KL Sentral ini, mulai deh ubet-ubetan nyari stesen monorail. Sampe nanya 3 kali loh... Itu gara-gara kami terpaku sama tulisan EXIT di tempat yang gak seharusnya kami lewati.

Pas akhirnya menemukan pintu keluar yang sebenar-benarnya harus kami lewati, ”Petualangan Turun Tangga di Kuala Lumpur” yang sebenarnya pun dimulai. Jadi gini ya... di stesen-stesen yang ada di KL itu kalo untuk naik tangga tersedia eskalator, tapi untuk turun, harus manual, aku menyebutnya ”gak downward-friendly”.

Terpaksa deh, angkat koper sambil turun tangga (gak bisa digeret kan kalo lewat tangga manual). Sampai di bawah, ketemu dengan bis-bis airport coach, baik yang menuju KLIA, maupun LCC Airport (Low Cost Carrier Airport, tempatnya Air Asia). Kalo di Jakarta, sama dengan Damri kali ya. Kalo mau lebih murah, gak lagi ngejar waktu, dan barangnya lagi gak banyak, bisa naik airport coach itu. Kalo barang banyak, anggota lebih dari 2 orang, lebih baik naik taksi, hanya 67 ringgit saja, tinggal beli kupon di airport.

Dari ”terminal airport coach” tadi, masih belum menemukan stesen monorailnya juga. Nanya lagi ke salah satu loket airport coach (jadi total 4 kali nanya!!), terus dari kejauhan aku melihat ada tulisan MONORAIL. Nah!! Itu dia!!

Tapi sebelum mencapai stesen monorailnya KL Sentral itu, kita mesti jalan dulu sekitar 150 meteran, melewati pasar kaget (masih sambil geret-geret koper). Terus nyebrang jalan gede segala. Baru deh beli tiket monorail, dari KL Sentral ke stesen Imbi @1.60 ringgit.

Monorailnya ternyata penuh juga bok, kayak kereta api jabotabek pas peak hours gitu deh, wakakakak.... agak-agak repot juga karena bawa koper. Dah gitu, pas turun di Imbi, ternyata tangga turunnya lagi-lagi gak pakek eskalator, dan panjjjjaaaaannngggg banget bok, lumayan pegel juga mesti turun tangga sambil angkut koper. Kami masih belum tauk pula, hotel Melia masih berapa jauh dari stesen monorail Imbi itu.

Untungnya... ketika kami sampai di ujung tangga yang paling bawah, JRENG!! HOOREEE!!! Ternyata hotel Melia-nya tepat di depan kita!!

Untungnya lagi, gak ada masalah dengan bookingan hotelku. Tadinya mas-masnya agak bingung waktu ngeliat booking code-nya yang dari Internet, tapi ketika aku kasih pasporku, dia dengan mudah menemukan booking atas nama LAKSMI, AGRITA (India ya??).

Kami dapat kamar 1605, konon kamar ini adalah tipe I-Room yang ada fasilitas PC, Broadband Internet 24 jam, dan VCD Player-nya. Tapi yang namanya PC-nya itu agak-agak katro gitu deh. Keyboardnya blas gak enak, keras banget, mendingan maen piano petrof bok. Mouse-nya juga seret. Udah gitu OS-nya itu loh: Windows ME. Alamaaakk... hareee geeenneee....

Abis itu leyeh-leyeh dulu sambil makan buah, mencoba untuk tidur tapi gak bisa. Sempet mengamati Petronas Twin Tower yang keliatan dari kamar hotel kami (meskipun agak-agak kehalangan sama hotel Capitol), terus juga KL Tower.

Akhirnya kami memutuskan untuk nyebrang ke Berjaya Times Square yang terletak tepat di sebrang hotel Melia. Konon Berjaya Times Square katanya mall tergede di Malaysia. Entahlah bener apa enggak, tapi yang pasti emang gede banget sih, ada 1000 lebih toko di dalamnya, terus ada amusement park juga, lengkap dengan roller coasternya.

Tujuan pertama kami adalah: Borders!! Katanya Borders-nya lebih gede dibandingkan Borders yang di Spore. Tapi perasaanku sih, bukunya lebih sedikit dibandingkan yang di Spore. Setelah gak menemukan buku titipannya Ndulo, aku langsung menghilang di balik rak Science Fiction dan juga rak buku musik. Kekekek.... Buku musik gak ada yang menarik, jadi hanya dapet novel Buried Age-nya Star Trek: The Next Generation.

Dari Borders, terus naik ke lantai 10, ke food court yang katanya terbesar juga. Tapi kalo yang ini mah aku gak setuju. Soale food courtnya itu ternyata gak ada apa-apanya dibandingin food court yang di lantai atasnya ITC Cempaka Mas.

Kami memilih menu Kabab & Salad. Aku beli paket Chicken Schaslik Kabab, lengkap dengan nasi berbumbu mentega dan krim sup yang ada campuran jahenya, rasanya jadi mirip krim sup dikawin silang sama wedang ronde. Yummy...

Abis makan terus mampir Borders lagi, terus balik ke hotel.

2 comments:

Me said...

Yup bener banget, Times Square yang paling gede di KL. Dibandingin sama Mal di indo, times square mah ga ada apa"nya yah?? hehehe

zammil said...

salah dong
1.Mid Valley
2.Suria KLCC
3.Pavillion
4.One utama
5.Time Square